MASIGNASUKAv101
5602921039014599756

About

"Menjadi blogger itu bebas asal pantas. Kalau sudah bertekad, siapa pun bisa menjadi blogger papan atas. Bukankah siapapun bisa berkarya tanpa batas? Bukankah siapapun bisa mengasah kemampuan menulisnya agar selangkah demi selangkah dapat menghasilkan karya yang berkualitas? Ya, mungkin dengan giat belajar, rajin ngonten, konsisten, dan gak sombong, siapapun lama-lama akan punya identitas"
#Ayunopini

Tentang Saya


Halo, aku Ayuno.
Ayu Novita lengkapnya.

Lahir dan besar di Palembang. Sekarang? tinggal di kota yang dinobatkan sebagai kota paling layak huni dan paling nyaman di Indonesia. Julukannya bisa Kota Batik, Kota Budaya, Kota Bengawan, Kota Pers, dan yang paling menarik adalah Kota Kuliner. Dimana lagi kalo bukan di Solo, The Spirit of Java.

Ngomongin soal nama. 

Sejak awal kuliah, aku lebih dikenal dengan nama panggilan Ayuno. Seperti yang kalian tahu, orang tua yang ngasih nama anaknya Ayu banyak buanget. Hehe. Nama lengkap Ayu Novita paling sering ditemui. Udah gitu, embel-embel Sari sepertinya begitu melekat di deretan nama Ayu. Gak sedikit loh yang suka ngarang-ngarang sendiri bikin namaku menjadi Ayu Novita Sari
***

Selain karena alasan yang udah aku ceritakan di atas, sering kali temen kalo lagi ghibahin yang namanya Ayu, ngobrolnya tuh sering minta kepastian. 

"Ayu? Ayu yang mana sih? Kan yang namanya Ayu banyak"
Gitu.

Melihat situasi tersebut, sepertinya aku perlu cari cara supaya lebih mudah diinget. Istilah kerennya, punya personal branding. Biar orang yang mau ghibahin aku gak repot-repot lagi menjelaskan soal Ayu yang dimaksud.


Yang paling gokil, hanya dengan nama "Ayuno", aku bisa punya banyak nama panggilan yang setidaknya bikin noleh kalo dipanggil. Salah satunya bikin aku geleng-geleng.  

"Yuk, tolong yuk!"
"Ay, sini Ay!"
"Mau kemana Yun?"
"Yuno, mau ikut gak?"
"No, kamu ada duit gak no? Pinjem dulu dong, nanti aku balikin"
***
Skip...



Sejarah singkat blog Ayunopedia

Nah, soal namaku udah aku ceritain, sekarang gantian aku bakal bercerita tentang blog Ayunopedia. 

Ayunopedia resmi menjadi nama paten yang aku gunakan pada blog ini. Sejak tahun 2013, blog ini sudah sering sekali gonta-ganti tema dan beberapa kali berganti nama. Awalnya blog ini aku kelola sebagai blog pribadi. Soalnya waktu itu ada keinginan untuk menulis novel atau sejenisnya seperti Raditya Dika.

Aku juga cukup sering bercerita tentang pengalaman semasa kuliah ataupun pengalaman absurd sehari-hari di blog ini serta di tahun berikutnya sempat digunakan untuk mempublish tugas kuliah. Namun, lama-kelamaan aku geli sendiri membaca tulisan-tulisan yang pernah aku tulis. Haha. Lalu, aku putuskan untuk unpublish atau menyimpannya di draft sebagian dari tulisan-tulisan tersebut.


Seiring berjalannya waktu, aku mulai belajar blogging dengan benar, mulai memperhatikan hal-hal dasar yang harus dilakukan blogger pemula, memperbaiki blog, mengoptimalkan SEO, sedikit demi sedikit mempelajari javascript atau kode HTML, dan alhamdulillah waktu itu gak nyangka blog ini dengan mudahnya diterima oleh Google Adsense. Padahal saat itu aku sudah cukup lama gak ngeblog dan artikelnya pun artikel beberapa tahun yang lalu. Biasalah alasan klasik, sibuk di dunia nyata. Ah, sok sibuk! Hehe. Silahkan sorakin aku.


Kenapa diberi nama Ayunopedia?

Mungkin, salah satu hal yang paling membuat pusing adalah tentang memilih domain atau memberi nama blog. Aku mengganti nama blog ini menjadi Ayunopedia, karena bingung mau ngasih nama apa. Haha. Akhirnya, dua kata gabungan antara nama panggilan aku "ayuno" dan "encyclopedia" menjadi pilihan. Mainstream sih, tetapi ya mau gimana lagi, udah lelah think to much, hehe. Nama Ayunopedia aku filosofikan sebagai refleksi diri bahwa aku ingin menulis sesuatu yang bermanfaat berdasarkan pengalaman dan penelitianku atau bahkan terkait hobby dan hal-hal menarik lainnya.


Deskripsi singkat tentang isi blog?

Sekarang....

Ayunopedia adalah media blog yang berisi artikel-artikel yang ditulis berdasarkan pengalaman seputar blogger, seputar youtube, seputar pendidikan, hobi, tips dan tutorial, serta artikel dengan genre lainnya yang menurutku layak untuk dihidangkan.

Apakah blog ini sudah mampu menghasilkan dollar?

Udah sih...., template blog ini sebenarnya saya beli pake dollar yang saya dapet dari blog ini sendiri. Sayangnya, saya sempat libur panjang gak ngeblog cukup lama sampai suatu ketika muncul trouble di blog dan adsensenya pergi.

Semoga dengan estafet belajar benerin apa yang perlu dibenahi dari blog ini, bisa menjadi hobi yang menghasilkan lagi di kemudian hari.

Dimulai dari 0 lagi :)

Makasih ya, udah mampir di blog Ayunopedia. Maaf kalo blognya masih berantakan dan kurang bergizi saat dibaca. Masih banyak tulisan lama dan tautan yang belum aku benahi.

(Kalau kalian bernama Ayu, sapa aku dong di kolom komentar. Orang tua kita satu server hindari males nyapa, nanti suamimu berewokan) Hehe.