4 Aplikasi Favorit dari 10 Aplikasi Android untuk Blogger - Ayunopedia

aplikasi android untuk blogger, aplikasi android terbaik untuk blogger agar blogging lebih mudah

4 aplikasi favorit dari 10 aplikasi untuk blogger - ayunopedia

Jaman sekarang, keberadaan smartphone dan komputer jinjing (laptop) sangat penting untuk menunjang segala pekerjaan. Salah satunya bagi yang berprofesi sebagai seorang blogger. Melakukan aktivitas blogging menggunakan fasilitas komputer atau menggunakan laptop akan lebih nyaman dan maksimal hasilnya. Namun, saat sedang berpergian, smartphone lebih menghadirkan solusi untuk mempermudah Anda dalam melakukan aktivitas blogging dimana saja dan kapan saja.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi android terbaik untuk blogger yang dapat menjadi alternatif apabila ingin melakukan aktivitas blogging di ponsel kesayangan Anda. Namun, saya akan membaginya menjadi 2 kategori. Pertama, aplikasi untuk membantu kegiatan blogging. Kedua, aplikasi tambahan untuk mengedit foto dan untuk membuat thumbnail pada setiap artikel yang di posting.

A. Aplikasi untuk Membantu Kegiatan Blogging

1. WordPress

Bagi Anda yang memiliki blog dengan menggunakan platform WordPress, tentu saja aplikasi ini akan sangat membantu anda berkarya langsung dari perangkat Android Anda. Anda dapat menulis pos baru, mengedit konten, dan mengelola komentar pada blog WordPress Anda dengan mudah. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang sudah merasakan manfaat aplikasi ini lalu merekomendasikan aplikasi ini kepada blogger lainnya.

2. Blogger

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi WordPress, aplikasi Blogger mungkin memang secara fungsi tidak jauh lebih baik dari WordPress, tetapi pada umumnya aplikasi ini juga dibuat untuk membantu Anda menulis, mengedit, maupun menerbitkan posting dengan mudah.

3. Google Analytics

Rasanya tidak sopan apabila seorang blogger mengabaikan aplikasi Google Analytics yang disediakan oleh Google. Hoho. Aplikasi ini tentu saja sangat berguna bagi seorang blogger. Anda bisa dengan mudah memantau situs blog Anda tanpa harus membuka laptop. Tepatnya, Anda dapat dengan mudah memonitor lalu lintas pengunjung situs (site visitors), melihat seberapa banyak pengguna unik (unique users), tampilan halaman (page views), rasio pentalan (bounce rate), mengetahui jumlah klik dan penayangan halaman apa yang paling banyak dicari dan dikunjungi, serta Anda bisa mengecek kata kunci dari judul artikel yang paling banyak di cari di blog milik Anda.

4. Google Adsense

Aplikasi berikutnya adalah Google Adsense. Aplikasi ini akan sangat berguna apabila pemilik blog telah mendaftar dan diterima oleh Google Adsense. Penggunanya bisa melihat taksiran penghasilan kapan saja di handphone. So, sebaiknya download setelah blog anda telah "diterima" oleh Google Adsense, ya! Suatu kebahagiaan apabila kita bisa melihat perubahan penghasilan kita sedikit-demi sedikit. Anggap saja sedang menabung dollar buat investasi masa depan. Hehe.

5. Google Chrome

Jika ruang penyimpanan handphone Anda tidak memadai untuk mendownload beberapa aplikasi yang telah direkomendasikan pada nomor 1, 2, 3, dan 4, solusinya adalah Anda dapat menggunakan Google Chrome. Ubah tampilannya menjadi tampilan dekstop, maka tampilannya akan sama dengan tampilan saat kita membuka di laptop. Anda pun dapat langsung mencari dan membuka halaman WordPress, Blogger, Google Analytics, dan Google Adsense. Lebih praktis, kan?

6. Evernote

Evernote adalah catatan modern yang akan sangat berguna membantu kita untuk menyimpan ide-ide yang sering muncul secara tiba-tiba, terutama saat kita sedang berpergian dan melihat sesuatu yang unik dan menginspirasi. Evernote dilengkapi dengan berbagai macam alat (tool) luar biasa seperti fitur menambahkan foto, video, rekaman suara (audio), lampiran, pengingat (alarm), membuat sketsa dengan tulisan tangan sendiri, bahkan membuat ruang sendiri dengan membuat label, dan masih banyak lagi tool lainnya yang belum disebutkan.

B. Aplikasi untuk Mengedit Foto dan Membuat Thumbnail

1. Canva

Canva sangat berguna untuk membuat desain gambar yang menarik dalam waktu singkat. Selain nggak ribet, banyak fiturnya yang simpel dan gratis bikin kecanduan untuk membuat desain apa pun. Sebab, para pengguna sangat diuntungkan dengan tersedianya fitur desain template yang telah disesuaikan dengan berbagai kategori seperti kategori desain template untuk undangan, kartu nama, logo, beragam jenis poster, pengumuman, sertifikat, instastory, status whatsapp, thumbnail YouTube, kolase foto, banner blog, thumbnail blog, sampul buku, dan masih banyak lagi. Selain itu, Canva juga memiliki fitur dan keunggulan lainnya seperti kemudahan untuk mencari gambar, vektor, foto, dan font.

2. Lightroom

Semua blogger apapun isi konten blognya, tentu membutuhkan beberapa foto di dalam artikel yang ia buat. Untuk proses editing foto, lightroom telah tumbuh dan berkembang menjadi aplikasi yang wajib dimiliki. Foto yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk melihat-lihat blog Anda lebih lama lagi. Menurut saya, seorang travel blogger, food blogger dan personal blogger sangat diuntungkan jika mampu memanfaatkan aplikasi ini.

Download Lightroom disini

3. Background Eraser

Aplikasi Background Eraser sangat membantu mempermudah kita untuk menghapus background sebuah foto. Atau dengan kata lain, kita bisa menghapus background foto jika hanya ingin mengambil objek tertentu dari suatu foto (objek dapat berupa orang, barang, hewan, dll). Aplikasi ini akan menjadi teman kolaborasi terbaik bagi aplikasi Canva. Tetapi balik lagi, ini soal kreativitas. Setiap orang memiliki imajinasi dan kreativitas yang berbeda-beda. Termasuk dalam pemanfaatan aplikasi dan langkah-langkah mengolahnya. 

4. TouchRetouch

Nah, kalo aplikasi ini cocok banget buat ngilangin objek-objek gambar tertentu yang tidak diinginkan. Misalnya, dalam sekejap Anda bisa menghapus objek seperti sampah, garis, menghilangkan jerawat, bekas luka, dan sebagainya. Walaupun aplikasi ini akan jarang digunakan, tetapi aplikasi ini cukup membantu menambahkan nilai pada hasil foto Anda. Aplikasi ini berbayar, sekitar $2,0 atau sekitar Rp.28.000,- namun banyak juga yang telah mendownload aplikasi ini. Sekitar 500.000+ pendownload. Terakhir di update pada tanggal 12 Februari 2019.


****

Kesimpulannya, dari berbagai aplikasi yang saya rekomendasikan di atas, ada aplikasi android andalan saya yang menurut saya cukup simpel dan paling sering saya gunakan untuk aktivitas blogging. Pertama, Google Chrome. Kedua, Lightroom. Ketiga, Canva. Dan keempat, Background Eraser. Google Chrome untuk membuka Blogger/WordPress, Google analytics, Google adsense, Google search console, dan beberapa website lainnya. Sedangkan Lightroom, Background Eraser dan Canva untuk membantu mengedit foto dan membuat thumbnail.

Itulah rekomendasi 10 Aplikasi Untuk Blogger Agar Blogging Lebih Mudah. Semoga bermanfaat, have a nice day!


No comments:

Powered by Blogger.