MASIGNASUKAv101
5602921039014599756

Cara Menghapus Kode HTML Google Plus Setelah Resmi Ditutup

Cara Menghapus Kode HTML Google Plus Setelah Resmi Ditutup
Add Comments


cara setting blog setelah google plus resmi ditutup

Google Plus dihentikan? Amankan Blog Anda! Beberapa Hal Ini Perlu Dilakukan Oleh Seorang Blogger - Jika anda seorang blogger yang aktif, maka saya yakin anda telah membaca pengumuman atau pesan dari Google Plus sejak beberapa waktu yang lalu. Namun, jika anda baru saja mengetahuinya dari media online, membaca beberapa artikel atau dari sumber lainnya, maka tenanglah dan jangan resah. Memang benar, hal tersebut telah dipastikan dengan bukti beredarnya pengumuman atau pesan pada dashbor blogger (draf.blogger.com/blogger.g) anda dan juga pada platform halaman beranda Google Plus itu sendiri. 


Apa yang harus dilakukan?
Menjaga performa blog, itu sulit-sulit gimana gitu. Kadang-kadang gemes kalo traffic suka anjlok, ya kan? Untuk menghindari terjadinya error pada beberapa element yang ada di blog akibat penghentian Google Plus yang dijadwalkan pada bulan Maret nanti, adalah dengan melakukan beberapa pembaharuan settingan blog yang ada sangkut pautnya dengan Google Plus.


Langkah-langkah antisipasi apa saja yang dapat anda lakukan?

  • Ingat kembali, apa profil pengguna yang anda gunakan di settingan blog anda. Caranya, masuk ke dashboard blogger anda, pilih Setting > Setelan Pengguna > Profil Pengguna > Pilih Blogger jika anda sebelumnya menggunakan profil Google+. Namun, jika sudah menggunakan profil Blogger, abaikan saja langkah pertama ini.


  • Apabila anda menggunakan tombol share artikel, biasanya terletak di bagian bawah artikel yang telah anda terbitkan, akan ada opsi share ke Facebook, Twitter, Google+, dan sebagainya. Maka anda dapat menghapusnya dengan cara mengedit HTML/javascript template anda.
  • Caranya, pilih Tema > Edit HTML > Tekan tombol ctrl + F pada keyboard agar muncul kolom pencarian di pojok kanan atas (klik dulu ya di dalam halaman kode supaya tombol ctrl + F nya berfungsi) > Ketik plus.google.com pada kolom pencarian > Cari dan hapus kode javascript Google+ tersebut (Saran, sedia payung sebelum hujan, jika dirasa perlu, lebih baik copy paste dulu kode element Google+ tersebut di Note Pad atau Sticky Note untuk berjaga-jaga apabila terjadi proses penghapusan yang kurang tepat) > Klik Simpan Tema > Cek tampilan blog dan coba reload
  • Selain tombol share di bawah artikel, biasanya juga ada widget media sosial yang digunakan untuk mempromosikan keberadaan anda di berbagai media sosial seperti di bawah ini:
 

(Apakah anda melihatnya, Dora? Haha, ya, biasanya ada tombol Google+ juga)

  • Baiklah, ada 2 cara untuk menghapusnya.
  1. Pertama, anda dapat menghapusnya dengan cara yang hampir sama dengan dengan point sebelumnya yaitu di pengaturan Tema > klik Edit HTML > ctrl + F > Ketik di kolom pencarian "Follow Me" atau "Sosialize" (sesuai judul widget yang kalian buat) > Cari kode HTML/javascript Google+ > Copy Paste di Note Pad atau Sticky Note sebelum menghapusnya > Simpan Setelan > Lihat blog anda dan reload.
  2. Kedua, cek di Tata Letak > (Lihat gadget yang anda miliki, baik itu di sidebar maupun di footer) Klik edit pada Gadget dan cari kode HTML Google+ (seperti contoh di pada gambar di bawah), lalu hapus > Simpan Setelan > Cek blog dan reload.

Itulah cara mengamankan blog sebelum/setelah google plus resmi ditutup yang dapat saya bagikan, apabila anda memiliki pertanyaan, tinggalkan komentar di bawah ini dan mari kita berdiskusi. Jangan lupa share ya! Semoga bermanfaat. Have nice day everyone :)


Ayu No

Sedang mengembangkan diri. Belajar, bekerja, dan sharing.

  1. Alhamdulillah, G+ di blog saya sudah saya hilangkan semua... tinggal yang di kolom komentar blm tau gimana, mau dihapus atau g ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih lebih baik di hapus untuk mengurangi "error", toh jika nanti G+ resmi ditutup udah gabisa kepake. Sebetulnya, sayang banget ya G+ dihentikan. Fitur-fiturnya cukup bermanfaat untuk meningkatkan SEO blog dr komunitas. :(

      Delete
  2. Syiap, bermanfaat artikelnya

    ReplyDelete
  3. Wah, informatif!

    ReplyDelete
  4. Iya dpt pemberitahuan nih dari google + blog saya ilang dong ya jadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog nya ga ilang say, fitur-fitur terkait google plus aja yang gak berfungsi lagi nanti setelah resmi ditutup. Coba ikutin langkah-langkah seperti tutorial di atas. Seperti poin pertama, coba ubah settingan blognya (lebih baik gunakan profil pengguna dari Blogger).

      Jadi kalo buat ngasih komentar di blog profil yang digunakan adalah profil blogger. Pada saat resmi ditutup nanti semua komentar yang menggunakan profil Google Plus akan dihapus.

      Semoga bisa dipahami ya. :D

      Delete
  5. Benar.....
    Yang paling sedih itu yang pakai komentar g+ semua tayangan komentar lenyap, tidak ada opsi back up.

    Yang kedua profile akan berubah jadi "unknown" sedih.

    Yang lainnya bisa diabaikan misalnya tombol g+ yang mati link gak akan berpengaruh pada performa blog. Paling cuma jadi hiasan kenangan hampa hehehehe...

    Algoritma google terbaru tidak menghakimi link mati lagi.

    ReplyDelete
  6. Kok saya ketinggalan banget ya, baru tahu tentang ini. Efek lama jarang nge blog lagi sepertinya. Untung ketemu blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah. Ayo, ngeblog lagi! 😁

      Delete
  7. Buatin blog mbak 😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apanya yang minta dibikinin?

      Delete