Breaking

Ayunopedia: Thank You Google Plus!



Google Office - Google Plus shutting down
Credit: Getty Image

Throwback


Apa itu Google Plus?
Google Plus diluncurkan pada pertengahan tahun 2011, tepatnya pada tanggal 28 Juni 2011. Jenis situsya adalah jejaring sosial. Artinya, situs ini dibuat untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya untuk berkreasi, berbagi, dan terhubung dengan orang lain sesuai keinginan pengguna dengan berbagai fitur yang diberikan.

Apa saja fitur yang dimiliki Google Plus, masih ingat?
Beberapa fitur yang paling saya ingat adalah sebagai berikut:
  1. + Lingkaran: fungsinya untuk membagikan apa yang penting, dengan orang-orang yang paling berarti. Kita bisa membuat lingkatran pertemanan, keluarga, sahabat, grup atau komunitas, 
  2. + Sparks: fungsinya untuk memulai percakapan tentang hampir semua hal, bisa terkait artikel yang dibagikan.
  3. + Hangouts: fungsinya memberikan isyarat kepada semua orang di sekitar tentang keberadaannya, agar seseorang dapat mampir dan menyapa.
Mengapa Google Plus ditutup?
Awalnya, situs ini diluncurkan untuk menyaingi Facebook, katanya. Nyatanya, facebook tetap menjadi primadona karena banyak penggunanya yang masih aktif sampai sekarang. Intinya Google Plus kalah saing, karena pengguna situs ini dalam kategori rendah. Sedih. Google Plus pada awalnya dijadwalkan akan ditutup pada bulan Agustus 2019 nanti, namun dimajukan pada awal bulan April, selain itu di notifikasi blog dijadwalkan pada bulan Maret 2019.
Google Plus Ditutup
Menurut saya, selama ini Google Plus adalah jejaring sosial yang gak pernah bikin gak nyaman. Fitur-fitur yang dimiliki juga sangat bermanfaat. Simple but Elegant. Walaupun jarang menggunakannya, justru di masa sekarang sebetulnya semua masih sangat layak untuk digunakan.

Sebagai blogger, banyak sekali kemudahan akses yang kita dapatkan saat menggunakan Google+ di blogger. Mulai dari menggunakannya sebagai profil blog, komentar menggunakan Google+, kemudahan dalam membagikan sebuah artikel dengan menggunakan tombol share seperti Tombol G+, membantu meningkatkan SEO dan sebagainya.

Akhir kata, cuma mau bilang:

No comments:

Powered by Blogger.