MASIGNASUKAv101
5602921039014599756

Tips Agar Percaya Diri

Tips Agar Percaya Diri
Add Comments

Percaya diri.

Sebuah kata yang mudah untuk di katakan tetapi sulit untuk dilakukan bagi orang-orang yang demam panggung, tidak suka dengan keramaian, pemalu, dan sebagainya.

Sebagai seorang guru ataupun calon guru, percaya diri adalah kunci kesuksesan. Terkadang ketika kita presentasi dan kurang menguasai materi yang akan di presentasikan kita tidak memiliki keyakinan kepada diri sendiri sehingga akan terlihat jelas di depan umum bahwa kita tidak percaya diri.

Nah, kalo seorang guru selain sebagai publik figur bagi murid-muridnya, guru juga sebaiknya dapat menguasai materi agar dapat mengajar dengan percaya diri.

Rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam mencapai kesuksesan. Simak 5 tips membangkitkan kepercayaan diri saat presentasi berikut ini:

1. Tersenyum

Senyuman merupakan trik 1 detik yang mampu meningkatkan kepercayaan diri dengan mudah. Sambil tersenyum menatap orang banyak kita dapat sekaligus berpikir menyusun kata atau berpikir apa yang harus kita bicarakan. Cobalah untuk tersenyum sesering mungkin ketika menyampaikan materi. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman, dan menguasai situasi dan kondisi di dalam ruangan sehingga Anda tidak merasa canggung. Saat kita tersenyum, hormon endorfin yang dilepaskan akan membuat sirkulasi darah pada daerah wajah meningkat. Nah, hal itulah yang membuat kita merasa nyaman dan rileks. Orang yang mendengarkan dan melihat kita berbicara pun akan melihat kepercayaan diri Anda saat tersenyum nyaman.

2. Power of Knowledge

Mampu atau tidak, dalam presentasi kita akan lebih terlihat percaya diri ketika kita menguasai materi yang akan kita sampaikan, oleh karena itu kekuatan sebuah pengetahuan sangatlah berpengaruh dalam tingkat kepercayaan diri. Semakin luas wawasan yang Anda miliki, maka akan semakin tinggi tingkat kepercayaan diri Anda ketika mengungkapkan sebuah idea tau gagasan. Kita dapat menambah wawasan seluas mungkin dalam bidang yang akan kita presentasikan dengan mencari dari berbagai sumber, misalnya browsing materi di internet maupun berkunjung ke perpustakaan.

3. Tatap Lawan Bicara

Sebelum memulai presentasi, cobalah untuk diam sejenak perhatikan kondisi ruangan dengan menatap rekan-rekan Anda, biasanya dengan begitu mereka akan bersikap tenang dan menunggu apa yang akan Anda ucapkan. Menatap mata lawan bicara justru mampu meningkatkan rasa percaya diri serta membantu Anda untuk semakin dekat dengan lawan bicara sehingga rasa asing akan hilang dengan sendirinya. Kontak mata juga mampu menarik minat lawan bicara Anda sehingga Anda akan lebih percaya diri karena merasa dihargai dan didengar.

4. Tampil Rapi dan Nyaman

Pemilihan busana yang nyaman akan mempengaruhi penampilan. Perlu Anda ketahui penampilan juga merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda di mata publik. Meskipun kita tahu apa yang kita miliki di dalam diri kitalah yang terpenting. Seseorang akan merasa percaya diri jika penampilannya lebih rapi. Penampilan fisik Anda menentukan impresi orang lain terhadap pribadi Anda. Semakin rapi penampilan Anda, maka akan semakin baik impresi orang lain sehingga tingkat kepercayaan diri Anda akan semakin tinggi.

5. Be Positive

Dalam presentasi banyak kemungkinan yang akan terjadi, oleh karena itu kita harus mempunyai keyakinan bahwa kita mampu menjawab semua pertanyaan yang akan dilontarkan oleh penanya kepada kita. Selalu berpikir positif atas apa yang terjadi, menjadi landasan utama seseorang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Berpikir positif terbukti mampu mengembalikan kepercayaan diri Anda dalam segala hal. Kecemasan yang berlebih akan menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda sehingga menyebabkan stres. Berpikirlah positif namun tetap waspada! Kuasai materi Anda seluas-luasnya.

Selamat mencoba untuk membangkitkan rasa percaya diri Anda kembali!





Ayu No

Sedang mengembangkan diri. Belajar, bekerja, dan sharing.

  1. Yuhuu i'am always be positive :)

    www.fikrimaulanaa.com

    ReplyDelete
  2. wah keren nih jadi banyak belajar siap jadi PD selalu dah mantap...

    ReplyDelete