Breaking

LKMMD HMP PGSD UMS : Cetak Kader Berkualitas




NGARGOYOSO - Organisasi selalu membutuhkan pemuda dan pemudi yang berkarakter, oleh karena itu untuk melanjutkan tongkat estafet HMP PGSD melalui Bidang V Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi sesuai dengan GBHK wajib mengadakan program kerja Latihan Keterampilan Manejeman Mahasiswa Dasar (LKMMD). Pada periode 2014, program kerja dilaksanakan pada tanggal 17-19 Oktober 2014 dengan tema “Menciptakan Organisatoris yang Luar Biasa dalam Mimpi, Hebat dalam Tekad, Sederhana dalam Raga, dan Ikhlas dalam Hati”.

LKMMD 2014 kali ini dilaksanakan di Telaga Madirda, Ngargoyoso, Tawangmangu. Pelepasan peserta LKMMD 2014 dari kampus dipimpin oleh Bapak Samino selaku Ketua Program Studi dan Ibu Murfiah Dewi Wulandari selaku Sekretaris Program Studi PGSD FKIP UMS. Bapak Samino mengungkapkan bahwa mahasiswa yang mengikuti LKMMD harus memiliki perubahan ketika pulang nantinya. Beliau meminta maaf karena tidak bisa menjenguk peserta selama 3 hari disana sehingga beliau memberi amanah kepada Nur Ervanuddin selaku ketua HMP PGSD untuk meng-handle acara pengukuhan sepenuhnya. Tak lupa beliau mendoakan agar kegiatan ini berjalan dengan lancar, sukses, dan dapat mencapai tujuan yang telah dirumuskan.

Ana Zumratus Sa’adah selaku ketua panitia LKMMD mengungkapkan rasa syukurnya seusai kegiatan berakhir. “ Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar, walaupun dalam kegiatan pasti ada kendala, namun kami berhasil menyelesaikannya bersama-sama. Tanggungjawab yang besar sebagai ketua panitia LKMMD ini baru pertama kali Saya rasakan, banyak pengalaman dan pelajaran yang Saya dapatkan. Saya ucapkan beribu-ribu ucapan terimakasih kepada seluruh kepanitian dan segenap pimpinan HMP PGSD yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, khususnya Mas Apriyanto dan Mbak Ayuno selaku Kabid dan Sekbid Bidang V yang telah banyak membantu kami, dan dengan sabar membimbing kami dari awal hingga akhir kegiatan berlangsung. Semoga LKMMD tahun ini dapat mencetak kader-kader yang berkualitas” ungkapnya.

Kegiatan LKMMD ini memberikan materi-materi dasar yang harus dimiliki oleh peserta LKMMD sebagai bekal mereka nantinya dalam berorganisasi. Pada hari Jumat, materi pertama tentang Kepemimpinan dan Mengenal Organisasi disampaikan oleh Bapak Saring Marsudi, S.H., M.Pd. Dilanjutkan dengan materi kedua pada pukul 19.30-21.00 tentang Problem Solving Organisasi oleh Isna Muhammad Fathoni, S.Pd. Untuk materi ketiga disampaikan pada hari Sabtu tentang Pembinaan Kedisiplinan dan Team Building yang mendatangkan pembicara dari Koramil. Selanjutnya materi keempat yaitu Biokrasi dan Aplikasinya disampaikan oleh Evi Fatkurrohmah, S.Pd. Lalu, materi terakhir disampaikan oleh Teguh Widodo, S.Pd dengan tema Mengenal dan Mengembangkan Potensi Diri.

Diharapkan peserta yang mengikuti LKMMD ini memiliki pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang organisatoris sehingga kedepannya mampu menghadapi badai yang akan menghadang perjalanannya. Selain itu ditekankan bahwa untuk menjadi organisatoris jangan hanya ikut-ikutan saja tetapi cobalah dengan niat untuk belajar mengembangkan diri, perlu adanya komitmen, tanggungjawab, memberikan kontribusi yang terbaik, konsisten dan bersikap profesional.

Kegiatan LKMMD ini berakhir pada hari Minggu, 19 Oktober 2014. Kegiatan pada hari Minggu di isi dengan outbond yang terdiri dari 5 pos yang di setiap pos nya berisi game yang memiliki makna-makna dalam prosesnya. Dilanjutkan dengan acara inti, yaitu pengukuhan. Secara keseluruhan kegiatan belangsung lancar dan terkendali, ujar Marina selaku koordinator acara LKMMD. [Ayu Novita]












































No comments:

Powered by Blogger.