MASIGNASUKAv101
5602921039014599756

Cara Menarik Minat Baca Anak dengan Storybird

Cara Menarik Minat Baca Anak dengan Storybird
Add Comments


cara menarik minat baca anak dengan storybird
Created by : Ayuno

Salah satu dosen favorit saya, Bu Amalia, beliau memperkenal sebuah situs website bernama STORYBIRD. Bagi seseorang yang terjun di dunia pendidikan, motivasi, kreatif dan inisiatif itu amat sangat dibutuhkan. Menurut saya, kalau kita mempunyai sebuah motivasi, kita bisa menjadi orang yang kreatif kapan pun kita mau, asalkan kita melakukan segalanya dengan penuh inisiatif.

Kalau anda kreatif, tentu anda akan merasa senang jika anda dapat meracik ide untuk mengajarkan hal-hal menggunakan media yang unik kepada anak, adik, atau murid anda. Dan bagian terbijaknya adalah mencoba menularkan hal baik kepada khalayak lainnya. Tidak hanya teori tetapi juga aplikasinya.

Seperti yang dilakukan oleh dosen saya tersebut, saya menangkap sinyal memang belajar yang demikian itu lebih bermakna dan bahagia. So, beliau salah satu sosok yang menginspirasi. Saya pikir, semua orang di dekat kita dapat menginspirasi kalau saja kita mengolah pikiran dengan bijak dan 

Salah satunya lewat Storybird ini. Saya menyerap fakta bahwa, satu hal kecil yang kita bagikan itu punya keberkahan yang bermakna nantinya.

Apa itu Storybird?

Story bird adalah sebuah aplikasi yang di desain untuk membuat cerpen agar menjadi sebuah cerpen yang indah dan menarik minat pembacanya. Di dalam aplikasi ini sudah terdapat kumpulan gambar-gambar yang siap untuk di susun menjadi sebuah cerita. Selain untuk menarik minat pembacanya, story bird juga berfungsi sebagai salah satu sarana pengembangan diri yaitu bercerita. Jadi pengarang bisa menyusun ceritanya semenarik mungkin dengan gambar-gambar yang sudah tersedia.

Didalam aplikasi story bird ini sudah ada aturan jenis cerita sesuai golongan usia pembaca. jadi untuk usia anak-anak dan usia dewasa mempunyai jenis cerita yang berbeda. Aplikasi ini sangat efektif untuk anak-anak usia TK sampai SD karena dapat menarik minat anak untuk mau belajar membaca dengan gambar-gambar unik dan lucu.

Bentuk pengemasan cerita dalam story bird ini seperti buku cerita biasanya, yang terdiri dari cover berupa judul, isi dan synopsis dari cerita tersebut. Bagi pembaca dapat melihat synopsis cerita yang akan di baca terlebih dahulu sebelum membaca keseluruhan dari cerita yang di pilih dengan mudah.

Story bird ini adalah hasil pengembangan tekhnologi yang berbentuk seperti buku online yang mudah di akses dan bertujuan sebangai salah satu media pengajaran yang di kemas dalam bentuk yang menarik, mudah di buat dan mudah untuk di akses sewaktu waktu.


Bagaimana menggunakan Storybird?

Sebelum membuat cerita bergambar dengan Storybird, kita diharuskan membuat akun Storybird terlebih dahulu.

Langkah-langkah membuat akun Storybird:

1. Search www.storybird.com


2. Pilih dan klik Create pada pilihan Storybid.



3. Setelah di klik, maka akan muncul tampilan sebagai berikut. Lalu, klik Sign up for Free untuk membuat akun.


4. Klik Choose account type untuk memilih jenis account yang akan digunakan.


Setelah di klik akan muncul pilihan seperti ini.


Untuk pemula sebaiknya pilih dan klik Personal - Regular.

5. Langkah selanjutnya isilah data seperti terlihat dalam gambar di bawah ini.


Setelah selesai mengisi data, klik Create Account.

6. Next, setelah muncul tampilan seperti dibawah ini, akun Storybird Anda telah siap digunakan! Klik Write untuk mulai menulis.







                          ---Selamat Mencoba---






Ayu No

Sedang mengembangkan diri. Belajar, bekerja, dan sharing.